Kategori Agen 1

oleh SebarTweet

Kategori Agen 1 dalam pembahasan ini adalah pengumpul/pedagang yang membeli TBS milik Petani sawit sebelum di jual ke PKS. Ini adalah tipe pengumpul atau pedagang yang memilik modal lumayan besar dan biasanya memiliki kendaraan angkut roda 4 untuk mengambil TBS dari kebun milik petani ataupun mengantar TBS milik petani ke PKS.

Agen (1) hampira sama dengan kelompok tani, dikategorikan dalam tingkatan rantai pasok yang sama karena peran yang sama, yaitu mengumpulkan volume panen agar mencapai jumlah yang sesuai untuk ditransport secara efisien ke pemegang DO atau PKS. Artinya agen atau kelompok tani hampir pasti bertanggung jawab menjemput hasil panen dari lokasi pemanenan ke lokasi mata rantai pasok berikutnya.

Meskipun tidak menutup kemungkinan ada petani yang mengantar hasil panennya ke rumah Agen atau markas kelompok. Agen adalah seseorang yang menjadikan penjemputan dan jual beli TBS dengan petani sebagai usahanya. Pada beberapa kasus ada agen yang sengaja membuat kelompok tani dengan tujuan untuk mempermudah jadwal penjemputan TBS nya berdasarkan hamparan, selain itu Agen (1) biasanya juga memberikan pinjaman dalam bentuk uang atau pupuk bagi anggotanya.

Agen kadang diistilahkan juga sebagai tengkulak, pengepul atau “tokek”. Sedangkan kelompok tani adalah ketika sekelompok petani bersepakat untuk menyinkronkan jadwal panen sehingga hasil panen mereka dapat dikumpulkan dan ditransport bersama-sama. Hasil penjualan akan dibagi sesuai dengan tonase hasil panen masing-masing dan kemudian dipotong biaya transport dan hasil grading.

Warkasa 1919