4 Jenis Ramen, Mie Kuah ala Jepang yang Kelezatannya terasa Menggoyang lidah

oleh -111 views
Ternyata ini 4 Jenis Ramen, Mie Kuah ala Jepang yang Kelezatannya terasa Menggoyang lidah_Foto oleh Katerina Holmes dari Pexels
Ternyata ini 4 Jenis Ramen, Mie Kuah ala Jepang yang Kelezatannya terasa Menggoyang lidah_Foto oleh Katerina Holmes dari Pexels

4 Jenis Ramen, Mie Kuah ala Jepang yang Kelezatannya terasa Menggoyang lidah

Ramen, mie kuah ala Jepang yang kelezatannya terasa menggoyang lidah ini ternyata memiliki 4 jenis, serta memiliki beragam cara penyajian yang saat ini banyak diminati oleh orang Indonesia.

Mie banyak di sukai oleh banyak orang

Betul gak sih jika bukan hanya Anak-anak saja yang menyukai mie instan? Selain terasa enak dengan bumbu-bumbu nya yang terasa gurih di lidah, makanan ringan ini juga murah dan cepat didalam penyajiannya.

www.domainesia.com

Berbicara soal mi instan, negara Jepang adalah negara yang memiliki sejarah panjang mengenai makanan yang merupakan salah satu makanan favorit di dunia itu. Beberapa sumber menyebutkan bahwa dalam beberapa tahun belakangan ini, rasa mi instan memang telah meningkat secara signifikan.

Perbedan Ramen, Mie Kuah ala Jepang ini dengan Mie lainnya

Kembali kepada topik pembahasan di dalam artikel ini, mie yang bentuknya lebih tipis dan biasanya dimakan dengan guyuran kuah kaldu ini ternyata memilik banyak variasi.

Penasaran variasi apa saja yang bisa Anda nikmati dari mie khas Jepang yang bisa disajikan dengan beragam topping ini? Mari simak ulasannya disini.

Ramen adalah salah satu hidangan mie khas Jepang yang biasanya disajikan dengan beragam penyajian dan banyak diminati orang Indonesia.

Tapi tahukah Anda apa saja perbedaan mie asal Negeri Sakura ini dari jenis mie yang lainnya?

Walaupun sama-sama berasal dari Jepang, salah satu perbedaan ramen dengan mie jenis lainnya adalah dari bentuknya yang lebih tipis.

Ramen, Mie dengan guyuran kuah kaldu yang memiliki beragam rasa.

Selain dari bentuknya, cara penyajian nya pun berbeda dengan cara penyajian mie lainnya. Semangkuk Ramen ini biasanya selalu dihidangkan dengan guyuran kuah kaldu yang memiliki beragam rasa.

Selain shoyu dan miso, biasanya didalam semangkuk ramen ini juga terdapat berbagai macam jenis sayuran, seperti tauge dan rumput laut.

Mengingat ramen ini adalah salah satu kuliner yang sangat populer, maka banyak sekali varian rasa yang bisa Anda cicipi untuk jenis makanan khas Jepang yang satu ini.

Mie ramen memang memiliki variasi bentuk dan cara yang berbeda ketika mengolahnya, bumbu serta kuah yang digunakan untuk memperkaya cita rasa makanan inipun tergolong unik, tapi walau demikian, rasa pada makanan ini biasanya tetap akan mengikuti pakem rasa tradisional ala Jepang.

4 Jenis Ramen, Mie Kuah ala Jepang yang Kelezatannya terasa Menggoyang lidah

Shoyu ramen, jika Anda ke restoran Jepang, maka jenis ramen ini adalah yang paling umum dan sering dijumpai.

Shoyu ramen biasanya memiliki kaldu berwarna cokelat, warna coklat ini berasal dari rebusan daging yang ditambah dengan berbagai jenis sayuran.

Shoyu ramen memiliki cita rasa yang gurih khas kecap asin, tapi masih terasa cukup ringan di lidah, mie ramen jenis ini biasanya dibuat dari mie keriting yang disajikan bersama daun bawang, ikan, nori (rumput laut Jepang), telur rebus, dan tak ketinggalan tauge, tapi beberapa restoran ada juga yang memodifikasi resep ramen ini dengan menggunakan lada hitam dan minyak cabai.

Jenis ramen yang kedua adalah Shio ramen, menurut informasi yang penulis baca dari berbagai sumber, Ramen ini adalah salah satu jenis mi ramen yang tertua.

Shio ramen _ Foto oleh JAN N G U Y E N ๐Ÿ dari Pexels

Walau Shio ramen mirip dengan Shoyu ramen, yaitu sama-sama menggunakan kuah hasil rebusan daging dan sayuran, tapi sesungguhnya Shio ramen disajikan tanpa menggunakan kecap asin, dan sebagai gantinya warna kaldunya yang kekuningan itu di bumbui dengan garam.

Miso ramen _ Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Jenis ramen yang ketiga ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai kuah ramen yang lebih kental, yaitu Miso ramen, dengan bahan masakan berbentuk pasta serta terbuat dari campuran fermentasi kedelai yang direbus dengan garam sehingga memiliki cita rasanya lebih kaya dan kompleks, ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menghangatkan tenggorokan.

Selanjutnya jenis ramen yang terakhir adalah Tonkutsu ramen, jenis ramen ini terbuat dari rebusan tulang dan lemak babi, itu kenapa kaldu ramen jenis ini berwarna putih keruh dan kental.

Hal lain yang menjadi cri khas lain dari Tonkutsu ramen ini adalah dari waktu perebusannya. Demi untuk mendapatkan rasa kaldu yang enak, kental dan gurih, biasanya lama perebusan bisa mencapai hingga 20 jam.

Itu adalah 4 jenis Ramen, Mie Kuah ala Jepang yang Kelezatannya memang terasa menggoyang lidah.

Rumah Fiksi 1919
Latest posts by Rumah Fiksi 1919 (see all)

Tentang Penulis: Rumah Fiksi 1919

Gambar Gravatar
Biarkan penaku menari dengan tarian khasnya, jangan pernah bungkam tarian penaku karena akan membuatku binasa secara perlahan