Cinta, Bangga dan Paham Rupiah

oleh -97 views
Launching Cinta, Bangga dan Paham Rupiah Goes to School.
Launching Cinta, Bangga dan Paham Rupiah Goes to School.
Foto : Acara Launching Cinta, Bangga dan Paham Rupiah Goes to School / Dokpri ADSN1919

Hari Rabu tanggal 03 Agustus 2022, pukul 07.20 WIB, penulis sudah sampai di Bank Indonesia Cirebon yang terletak di jln Yos Sudarso. Penulis mendapat undangan untuk menghadiri Launching Cinta, Bangga dan Paham Rupiah Goes to School.

Foto : Acara Launching Cinta, Bangga dan Paham Rupiah Goes to School / Dokpri ADSN1919

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala OJK, Kepala Perwakilan BI, Ketua Forum beserta para Ketua K3S, perwakilan Kepala Sekolah SMP serta perwakilan para Siswa Siswi SMP yang ada di Kota Cirebon.

www.domainesia.com
Foto : Acara Launching Cinta, Bangga dan Paham Rupiah Goes to School / Dokpri ADSN1919

Kegiatan Launching ini dibuka oleh Sekretaris Daerah yaitu Drs. H. Agus Mulyadi, M.SI. Sekolah-sekolah yang telah dipilih akan dikunjungi pihak Bank Indonesia.

Kegiatan Launching ini diramaikan oleh penampilan dari SD dan SMP, dan persembahan puisi karya penulis yang dibawakan oleh para pejabat yang hadir pada hari itu. Suatu kebanggaan bagi penulis, buah karyanya dibacakan oleh para pejabat.

Mungkin para pembaca penasaran, puisi apa yang dibawakan oleh para pejabat. Penulis akan membagikan puisi yang dibacakan bersama-sama.


BaPeR, Bangga Terhadap Rupiah

Cintailah rupiah seperti engkau mencintai seseorang di hatimu
Engkau pasti akan menjaga rupiah sepenuh hatimu
Tak ada yang lain selain rupiah di dalam dompetmu
Selama Negeri tercinta ini, rupiah rupiah tak perlu ditemani Dollar, Yen, Lira dan uang asing lainnya
Disini, cukuplah rupiah sebagai alat tukar yang sah
Aku harap engkau bisa menjaga rupiah
Jangan biarkan rupiah koyak dan rusak
Jangan biarkan kepalsuan menggantikan posisi rupiah

Jika engkau bangga dengan rupiah
Engkau akan menjaga kepercayaan dunia
Jangan geser rupiah dengan mata uang lainnya
Jangan merasa bangga bila di dompetmu penuh mata uang asing

Aku ingin bertanya
“Apakah negara lain bangga dengan rupiah?”
“Kalau bukan kita, siapa lagi yang bangga dengan rupiah.”
Mulailah dari diri kita sendiri
Aku, engkau, kalian, mereka bangga menggunakan Rupiah
Karena rupiah itu adalah kita
Aku ingin engkau baper bukan hanya padaku tapi bangga terhadap rupiah

Aku harap engkau bisa bijak menggunakan rupiah
Cintalah!
Banggalah!
Pahamilah rupiah
Ingatlah rupiah adalah jati diri bangsa Indonesia


Sebelum materi dimulai, penulis dan para peserta mengisi kuis seputar rupiah dan Bank Indonesia, penulis sangat salut dengan peserta dari SMP karena cepat mengisi kuis. Disaat penulis masih membaca soal kuis sudah muncul di layar nama siswa siswi yang telah menjawab soal dengan cepat.

Penulis sangat senang mempunyai kesempatan untuk hadir pada kegiatan launching tersebut, dan mengetahui bahwa rupiah adalah jati diri bangsa Indonesia, dengan cinta rupiah berarti kita cinta Indonesia, bangga terhadap rupiah berarti menjaga kedaulatan bangsa dan paham rupiah berarti kita bersama menjaga stabilitas dan kesejahteraan negara.

Dengan adanya kunjungan dari pihak Bank ke sekolah diharapkan para siswa memahami cara menjaga rupiah seperti apa, terkadang kita masih menemui uang kertas yang di steples, dicorat-coret dengan tandatangan, nomor hp bahkan ditulis nama. Padahal itu tidak diperbolehkan.

Ketika penulis melaksanakan ibadah haji, orang Arab tidak mau menerima uang Dollar dalam keadaan lecek atau rusak, mereka hanya mau menerima Dollar yang masih bagus tanpa ada bekas tekukkan. Penulis sampai berhati-hati menyimpan uang Dollar jangan sampai lecek atau rusak.

Ketika menghadiri launching kemarin penulis merasa banyak yang harus diubah dalam menyimpan rupiah di dompet. Kalau bukan kita yang menjaga siapa lagi yang akan menjaganya, mata uang asing kita jaga masa rupiah kita rusak sendiri.

Penulis berharap, sekolah penulis menjadi salah satu sekolah yang dipilih Dinas Pendidikan untuk dikunjungi pihak Bank Indonesia. Aamiin.

ADSN1919

Rumah Fiksi 1919

Tentang Penulis: Rumah Fiksi 1919

Gambar Gravatar
Biarkan penaku menari dengan tarian khasnya, jangan pernah bungkam tarian penaku karena akan membuatku binasa secara perlahan

2 thoughts on “Cinta, Bangga dan Paham Rupiah

Tinggalkan Balasan