Halal Bihalal Mempererat Tali Persaudaraan di SDN Sadagori 1

oleh -179 views

Tradisi Halal Bihalal

Halal Bihalal Mempererat Tali Persaudaraan di SDN Sadagori 1

Halal Bihalal merupakan salah satu tradisi yang telah berkembang di masyarakat Islam, khususnya di Indonesia. Tradisi ini biasanya dilakukan di bulan Syawal setelah lebaran. Pada masyarakat Indonesia yang beragama Islam, Halal Bihalal bisa dibilang sebagai kegiatan tahunan yang mempunyai makna sebagai ajang silaturahmi dan saling maaf memaafkan.

Halal Bihalal Mempererat Tali Persaudaraan

Halal Bihalal Mempererat Tali Persaudaraan

Setelah semua merayakan Idul Fitri bersama dengan keluarga masing-masing dan sebagian pada pulang kampung. Hari pertama masuk kerja para guru sudah mulai beraktivitas di tempat kerja ketika para siswa masih libur. Saya berinisiatif mengumpulkan para guru di kediaman saya.

www.domainesia.com

Saya mengundang para guru melalui WhatsApp. Dengan bantuan tenaga dari sekolah, Alhamdulillah semua hidangan tertata dengan rapi. Saya juga memesan baso sebagai makanan alternatif bila guru merasa bosan makan opor ayam.

Saya sangat senang ketika para guru SDN Sadagori 1 berkenan berkumpul di kediaman saya. Ada kerinduan berkumpul bersama mereka, mendengar kecerewetan para guru, saling bersenda gurau. Itulah momen terindah saat mereka berbaur tanpa sekat.

Tujuan saya mengumpulkan mereka di rumah antara lain, ingin lebih dekat mengenal mereka, yang notabene saya baru beberapa bulan bergabung bersama mereka. Selama menjadi Kepala Sekolah, ini adalah pertama kalinya saya mengundang para guru ke rumah, biasanya saya mengajak mereka ke rumah makan dan berkumpul di sana.

Saya evaluasi setiap halal bihalal setiap tahunnya, kalau diadakan di rumah makan, waktunya bisa dibilang sangat terbatas, apalagi jumlah personil SDN Sadagori 1 sangat banyak untuk ukuran Sekolah Dasar.

Alhamdulillah mereka bisa hadir meski tidak semua, karena ada yang hajatan di kampungnya dan ada yang sedang persiapan Pre-Test.

Tanggal 12 Mei 2022 merupakan hari pertama peserta didik masuk sekolah, seperti halnya para guru, peserta didik tidak akan konsentrasi bila langsung belajar aktif, mereka perlu adaptasi lagi.

Halal Bihalal di SDN Sadagori 1

Halal Bihalal di SDN Sadagori 1

Hari pertama peserta didik masuk sekolah kami mengadakan acara halal bihalal bersama mereka, diawali dengan prakata saya selaku kepala sekolah dan permohonan maaf dari kami pada peserta didik.

Meski jumlah mereka sangat banyak, acara halal bihalal bisa terlaksana dengan kondusif, tidak ada yang saling berebutan untuk bersalaman dengan para guru.

Halal Bihalal di SDN Sadagori 1

Setelah bersalaman mereka kembali ke kelas persiapan untuk pulang ke rumah masing-masing.

Kami mengisi waktu luang itu dengan menyeleksi para peserta didik yang terpilih untuk mengikuti lomba FLS2N.

Halal Bihalal di SDN Sadagori 1

Itulah kegiatan pertama kami setelah libur Idul Fitri.

Kami atas nama SDN Sadagori 1 mengucapkan Minal Aidzin Wal Faizin mohon maaf lahir dan batin.

Semoga kita diberi umur panjang sehingga dipertemukan kembali Dengan Idul Fitri yang akan datang.

ADSN1919

Rumah Fiksi 1919
Latest posts by Rumah Fiksi 1919 (see all)

Tentang Penulis: Rumah Fiksi 1919

Gambar Gravatar
Biarkan penaku menari dengan tarian khasnya, jangan pernah bungkam tarian penaku karena akan membuatku binasa secara perlahan