9 TIPS MEMPROMOSIKAN BUKU HASIL KARYA SENDIRI

oleh -203 views
9 TIPS MEMPROMOSIKAN BUKU HASIL KARYA SENDIRI
9 TIPS MEMPROMOSIKAN BUKU HASIL KARYA SENDIRI

4 – 6 DARI 9 TIPS MEMPROMOSIKAN BUKU HASIL KARYA SENDIRI

4. Menyumbangkan Buku untuk Pihak yang Membutuhkan

Beberapa penulis lain pernah melakukan ini, contohnya di blog secangkir kopi bersama yang kini sudah berganti nama menjadi eskaber.com, gabungan para penulis di sana dulu pernah membuat satu buku yang ditujukan untuk dibagikan ke beberapa sekolah di daerah Jawa. Ada dua hal positif yang di dapatkan, pertama sekolah – sekolah yang memang membutuhkan buku – buku bacaan untuk peserta didiknya, mereka bisa mendapatkan buku secara cuma – cuma dan untuk eskaber sendiri, itu menjadi promosi gratis untuk memperkenalkan blog gabungan tersebut ke pembaca.

www.domainesia.com

Jadi, bisa saja kita juga ikut andil di dalam menyalurkan buku-buku hasil karya kita ke taman bacaan atau lembaga yang membutuhkan sumbangan buku anak.

5. Blog Tour Buku Terbaru

Dari beberapa penulis, Diwa1919mengetahui bahwa cara ini lumayan efektif dan sedang marak dilakukan oleh beberapa penulis. Jadi penulis dan penerbit menggandeng para blogger untuk ikut mempromosikan buku – buku karya mereka di blog nya. Metode yang biasa dilakukan adalah beberapa blogger akan secara bergantian mengulas buku – buku tersebut dan mengadakan acara yang akan berhadiah buku di blog mereka.

Acara ini biasanya bisa berlangsung selama beberapa minggu atau beberapa bulan, hal ini tergantung dari jumlah blogger yang bersedia untuk mengikuti acara. Dari beberapa penulis Diwa1919 mengetahui bahwa cara promosi buku seperti ini lumayan efektif dan sebenarnya bisa saja kita contoh untuk mempromosikan buku – buku hasil karya kita agar lebih dikenal dan bisa laris manis di pasaran. Sebab secara otomatis buku – buku karya kita akan muncul di beberapa medsos para blogger yang ikut mempromosikan buku – buku karya kita.

6. Menjadi Mentor atau Pembicara di Kelas Menulis

Cara yang satu ini bisa Sahabat lakukan, yaitu dengan cara menjadi pembicara atau mentor kelas menulis, hal ini baik untuk Sahabat Diwa1919 lakukan, sebab ini bisa membuka peluang baru bagi Sahabat untuk mempromosikan buku – buku karya kita kepada para peserta, mengajak mereka untuk giat menulis dan membaca, lalu memberi contoh hasil karya tulis itu dalam bentuk buku karya kita.

Membagi ilmu menulis di sekolah-sekolah ataupun Lembaga adalah kesempatan bagus yang bisa Sahabat lakukan, jadi sambil mengajar, berbagi ilmu serta pengalaman, Sahabat bisa sekalian promosi buku – buku yang sudah pernah Sahabat terbitkan.

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Akun resmi Diwa1919.com