Cara Memasukan Tabel Excel ke WordPress

oleh -178 views
Cara Memasukan Tabel Excel ke Wordpress
Cara Memasukan Tabel Excel ke Wordpress

Cara Memasukan Tabel Excel ke WordPress

Diwa1919.com, bagi sobat yang menggunakan wordpress, mungkin sobat pernah bertanya, bagaimana sih cara memasukan tabel Excel ke Wordpress? Pada tutorial kali ini diwa1919 ingin berbagi sedikit pengalaman tentang cara memasang tabel excel ke wordpress yang sudah diwa1919 coba dan hasilnya cukup menggembirakan.

Bagi sobat sekalian yang sudah sering mempergunakan WordPress, hal ini mungkin bukan sesuatu hal yang baru, tapi bagi sobat lainnya yang masih baru menggunakan WordPress, maka ini adalah hal yang lumayan bikin penasan.

www.domainesia.com

Awalnya diwa1919 mendapat tugas yang harus memosting tabel ke sebuah Website yang dikelola menggunakan wordpress, saat itu diwa1919 langsung saja mengcopas tabel yang ada di excel ke website wordpress tersebut dan hasilnya, semua tabel yang awalnya tersusun rapi itu menjadi berantakan ketika di pastekan di laman menulis wordpress.

Setelah berpikir sejenak, diwa1919 mencoba untuk mencari informasi di search engine google dan langsung diwa1919 praktekan.

Berdasarkan praktek langsung yang hasilnya cukup lumayan bagus itu diwa1919 mengetahui bahwa untuk menampilkan tabel excel di wordpress kita tidak harus menggunakan plugin untuk import tabel, kita hanya tinggal mengcopy tabel yang ada di excel tersebut ke sebuah spreedsheet yang menyediakan fasilitas untuk convert ke HTML.

Bagaimana cara kerja fasilitas ini? Mari simak ulasan di tutoria cara memasukan tabel Excel ke WordPress ini hingga tuntas sampai dibawah artikel ini ya.

Langkah dan Cara memasukan Tabel Excel ke WordPress

  1. Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah memuat tabel di Microsoft Excel, jika sudah, silahkan copy tabel tersebut.
  2. Selanjutnya silahkan sobat klik link berikut ini: https://tableizer.journalistopia.com/
  3. Setelah sobat masuk di halaman Tableizer, pada halaman ini silahkan sobat pastekan tabel excel yang sudah di copy tadu tepat di kotak tabel > Jika sudah silahkan klik “Tableize It”

Maka sobat akan melihat hasilnya seperti ini:

  1. Jika tombol Tableize it sobat klik, maka sobat akan di alihkan pada halaman source code HTML > kemudian silahkan klik “Copy HTML to Clipboard”.

Pada halaman ini sobat bisa secara langsung melihat tampilan dari table itu nantinya.

  1. Kemudian, silahkan sobat akses halaman dashboard WordPress milik sobat yang ingin menampilkan artikel dengan ada tabel di dalam postingannya. Selanjutnya sobat tinggal pastekan kode HTML tadi ke tempat yang sobat ingini.
  2. Jika sudah selesai, silahkan sobat klik “Publikasikan”, dan silahkan check halaman yang telah dibuat tadi dan hasilnya adalah seperti gambar dibawah ini.

Terima kasih sudah membacanya hingga tuntas sampai ke bawah artikel ini. Semoga tutorial singkat tentang cara memasukan tabel Excel ke WordPress ini bisa bermanfaat bagi sobat sekalian yang ingin menampilkan tabel excel ke dalam postingan sobat nanti. Salam.

Warkasa 1919
Latest posts by Warkasa 1919 (see all)

Tentang Penulis: Warkasa 1919

Gambar Gravatar
Ruang Berbagi & Informasi