Hati-hati Penipuan Pengiriman Paket

oleh -146 views

Hati-hati Penipuan Pengiriman Paket

Saat ini marak penipuan jenis baru yaitu pengiriman paket lewat COD atau cash on delivery alias bayar di tempat, tidak semua orang tau.

Beberapa hari ini saya disibukan dengan berbagai kegiatan kedinasan di luar sekolah, baik rapat ataupun kegiatan lomba-lomba yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Cirebon dan para Kepala Sekolah mendapat undangan untuk hadir.

www.domainesia.com

Ketika sedang mengikuti pembukaan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PENTAS PAI) yang dilaksanakan hari Rabu, 24 Mei 2023. Saya mendapat pesan dan foto dari guru saya yang ada di sekolah. Memberitahukan bahwa paket pesanan saya sudah datang dan sudah ditalangi.

Saya membalas pesan tersebut dan memberitahu bahwa saya tidak pesan paket apalagi cod dan dikirim ke sekolah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Guru saya kaget dan bilang bahwa paket itu sudah dibayar olehnya.

Saya perhatikan foto bungkusan paket yang dikirim guru. Sekilas tidak ada yang salah, tertera nama saya dan nama sekolah, tapi setelah saya cek lebih teliti lagi, ada beberapa kejanggalan tertera di paket itu.

  1. Nama saya salah, kurang satu huruf setelah nama pertama dan tidak lengkap.
  2. Alamat sekolah salah, kalau saya yang memesan tidak mungkin alamat sekolah bisa salah.
  3. Nomor hp yang tercantum bukan nomor saya.
  4. Nama pengirim Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.
  5. Isi paket pashmina, hadeuh masa Dinas Pendidikan Jawa Barat ngirim paket pashmina, cod lagi.

Setelah saya membaca beberapa kejanggalan itu, saya sadar bahwa saya ditipu. Apalagi tidak ada bukti saya di WhatsApp bahwa saya memesan kerudung. Guru saya merasa tidak enak pas tau bahwa paket itu dikirim penipu, saya tidak menyalahkan siapapun dan saya mengganti dana yang dikeluarkan oleh guru tersebut.

Tidak ada yang tau saat ini sedang marak penipuan lewat kiriman paket, apalagi setelah dibuka bukan pashmina, tapi isinya kerudung panjang jeblosan biasa tanpa merk, dan harga aslinya jauh dibawah dari harga yang tertera di paket.

Ketika ada senam bersama dengan para Kepala Sekolah dan menyampaikan pengalaman saya, ternyata ada kepala sekolah yang mempunyai pengalaman yang mirip dengan pengalaman saya yaitu dapat kiriman paket dan isinya selembar kain, pengirimnya atas nama Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Teknologi saat ini semakin canggih informasi sangat mudah didapat, tinggal klik kita akan mengetahui informasi yang ingin kita ketahui. Kecanggihan teknologi ini ternyata dimanfaatkan oleh oknum untuk mengeruk keuntungan dengan cara tidak halal.

Saya hanya berbagi pengalaman agar para sahabat lebih berhati-hati bila ada pengiriman barang apalagi harus bayar di tempat. Bila kita mendapat paket dan orang yang bersangkutan tidak ada, lebih baik dikonfirmasi terlebih dahulu sebelum menerima barang.

Saya sering membeli barang lewat online, toko online itu sudah langganan, seperti sepatu karena sudah tau kualitasnya saya memilih pembayaran lewat transfer, tapi kalau baru beli di toko online tersebut saya memang memilih pembayaran lewat COD dan itu sudah kesepakatan antara pembeli dan penjual.

Semoga pengalaman saya ini ada hikmahnya untuk para sahabat yang selalu membaca tarian pena saya ini. Salam.

Adsn1919

Rumah Fiksi 1919
Latest posts by Rumah Fiksi 1919 (see all)

Tentang Penulis: Rumah Fiksi 1919

Gambar Gravatar
Biarkan penaku menari dengan tarian khasnya, jangan pernah bungkam tarian penaku karena akan membuatku binasa secara perlahan