Yuk Mengenal Penyebab Perut Kembung

oleh -101 views
Yuk Mengenal Penyebab Perut Kembung. Foto: Ist/Net
Yuk Mengenal Penyebab Perut Kembung. Foto: Ist/Net

Yuk Mengenal Penyebab Perut Kembung

Para sahabat tentunya pernah merasakan perut kembung, bagaimana rasanya? Tentu sangat tidak nyaman, perut terasa kencang dan keras, diisi makanan tidak nyaman pula. Biasanya perut kembung itu berakhir dengan diare, bisa jadi tidak semua mengalami diare ketika perut kembung.

Bukan hanya orang dewasa yang mengalami perut kembung, anak masih bayi juga bisa kembung, dan tentunya menjadi rewel. Pengalaman saya ketika anak kembung, biasanya setelah perjalanan jauh, ketika sampai rumah, saya balur dengan bawang merah dicampur minyak telon.

www.domainesia.com

Kenapa ya kita bisa kembung? Dalam artikel sederhana ini saya akan mencoba menulis tentang masalah perut kembung, yuk para sahabat simak dan selamat membaca.

*

Apa itu Perut Kembung

Dari referensi yang saya baca, kembung atau begah itu bisa terjadi karena ada penumpukan gas di dalam perut dan usus.  Salah satu penyebabnya bisa jadi karena mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak.

Secara umum penyebab perut kembung karena proses pencernaan makanan yang tidak lancar, serta sistem pencernaan tidak mampu memecah komponen makanan tertentu seperti gluten dan gula pada produk susu dan buah.

Biasanya ketika kita sedang menelan air liur, makan dan minum akan ada udara yang ikut masuk ke dalam  pencernaan meski sedikit, ketika jumlah udara tersebut terlalu banyak akan menimbulkan penumpukan gas dalam lambung. Kondisi ini yang sering menimbulkan perut tidak nyaman dan perut kembung.

Seringkali orang yang mengalami kembung akan merasa mual, sering bersendawa dan muntah bahkan diare, itu merupakan reaksi tubuh untuk mengeluarkan gas berlebihan yang ada dalam pencernaan.

Gelaja perut kembung

Gelaja-gejala lain pada  orang yang sedang mengalami perut kembung antara lain:

1. Sering bersendawa

2.  Perut terlihat membesar

3.  Muncul bunyi seperti gemuruh di  dalam perut

4. Perut terasa nyeri dan tidak nyaman

5. Sering buang gas

Bisa jadi gejala setiap orang itu berbeda, ada orang yang mengalami perut kembung itu berakhir dengan diare dan ada juga Kembalikannya kesulitan buang air besar, bila perut kembung tidak membaik lebih baik kita konsultasi ke ahlinya yaitu dokter, karena di khawatirkan ada penyakit lainnya.

Penyebab perut kembung

Penyebab perut kembung bisa juga karena faktor makanan, seperti sering mengkonsumsi makanan berlemak, makan terlalu cepat, ketika sedang makan sambil mengobrol,  makan dengan porsi makanan secara berlebihan.

Cara mengatasi perut kembung

Cara mengatasi perut kembung yang paling mudah adalah dengan meminum teh,  kunyit, jahe  tentunya dengan air panas atau hangat dan ini bisa membantu orang yang sedang mengalami perut Kembung. Olahraga secara teratur juga bisa mengurangi perut kembung.

Perut kembung bisa juga dicegah dengan cara, makan secukupnya, makan makanan berserat, perbanyak minum air putih,  makan dan minum secara perlahan, pikiran fresh karena stress termasuk pemicu perut kembung.

Pengalaman saya mencegah perut kembung, apabila sedang bepergian jauh antara lain membatasi diri ketika makan, mengurangi ngemil, membalur perut dengan minyak angin, menutup pusar dengan koyo dan sejenisnya, perut harus hangat dengan memakai baju hangat atau tebal. Ketika semua itu saya lakukan maka perjalananpun akan terasa nyaman.

Semoga artikel sederhana yang saya adopsi dari https://www.siloamhospital.com dan https://www.halococ.com. bermanfaat untuk para sahabat khususnya yang sedang mengalami perut kembung. Salam sehat.

Adsn1919

Rumah Fiksi 1919
Latest posts by Rumah Fiksi 1919 (see all)

Tentang Penulis: Rumah Fiksi 1919

Gambar Gravatar
Biarkan penaku menari dengan tarian khasnya, jangan pernah bungkam tarian penaku karena akan membuatku binasa secara perlahan