Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

oleh -121 views
Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Tubuh dan Mental
Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Tidak bisa dipungkiri kebanyakan kita mengabaikan kesehatan diri apalagi mental, kita sibuk dengan urusan luar dan yang berhubungan dengan orang lain. Kesibukan masalah pekerjaan seringkali membuat kita menomorduakan kesehatan fisik dan mental.

Karena banyak tekanan masalah pekerjaan bisa membuat kita mengalami kelelahan fisik dan mental, yang membuat kita menjadi masa bodoh dengan pekerjaan yang harus kita selesaikan.

www.domainesia.com

Banyak pikiran yang membebani pikiran kita menjadi salah satu pencetus stres dan depresi, karena beban pikiran itu dirasa melebihi kapasitas yang kita miliki, apalagi kalau tidak ada teman yang memahami masalah yang kita alami.

Menulis salah satu terapi untuk mengalihkan pikiran negatif, ketika mengalami kejenuhan yang teramat sangat, saya melarikan pikiran ini dengan menulis, tulisan saya bisa dibilang sebagian besar fiksi, karena saya ingin membebaskan pikiran ini dari aturan-aturan bila menulis non fiksi.

Selain menulis, olahraga salah satu menjaga imun tubuh kita, saya biasa melakukan jogging di sekitar rumah, atau olahraga di rumah dengan melihat YouTube. Berbagai jenis olahraga seperti zumba, senam jantung, senam tera, aerobik dan olahraga sejenisnya sudah saya lakukan, terakhir saya mencoba yoga.

Ketika ada teman yang menawarkan ada lembaga yang mau promosi tentang yoga dan hipnoterapi, saya sambut dengan tangan terbuka karena ingin merasakan dipantau oleh instruktur langsung.

Baiklah para sahabat, saya akan memaparkan berbagai manfaat yoga bagi kesehatan tubuh dan mental, saya rangkum dari berbagai sumber yang saya baca.

Yoga adalah salah satu aktivitas menyehatkan dan bisa dilakukan oleh segala usia, baik anak-anak, remaja, dewasa bahkan lansia. Dapat dirasakan manfaatnya baik secara fisik dan mental. Menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Yoga juga dapat mengatasi stres, depresi hingga rasa cemas.

Yoga termasuk salah satu jenis olahraga yang mengandalkan kelenturan, keseimbangan tubuh, fokus dan teknik pernapasan. Banyak manfaat yoga yang belum kita ketahui seperti:

1. Menjaga kesehatan paru-paru dan jantung

Seperti kita ketahui tekanan darah tinggi merupakan salah satu pemicu penyakit jantung. Dengan sering melakukan yoga denyut jantung kita akan stabil, dan resiko penyakit jantung bisa dihindari.

Salah satu teknik yoga adalah pernapasan yang bila dilakukan secara terus menerus dan rutin akan meningkatkan fungsi vital paru-paru sehingga dapat melancarkan sistem pernapasan.

2. Fleksibilitas Tubuh

Ketika melakukan yoga saya merasakan tubuh yang awalnya kaku, sedikit demi sedikit lentur dan disesuaikan dengan kemampuan tubuh setiap orang. Olahraga yoga terlihat mudah, tapi bila dilakukan dengan betul-betul sangat terasa ke otot-otot sama seperti olahraga lainnya.

3. Mengurangi Nyeri Punggung

Bagi penderita nyeri punggung dianjurkan untuk sering melakukan yoga, karena banyak peregangan dalam aktivitas yoga.

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Dengan melakukan yoga yang saya rasakan adalah pikiran kita menjadi tenang, beban pikiran berkurang, karena yoga dapat membantu menurunkan produksi kortisol atau hormon stres dalam tubuh. Ketika hormon stres menurun makan produksi serotonin atau hormon bahagia akan meningkat.

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Yoga bisa membuat kita lebih percaya diri, karena dengan melakukan yoga, kita akan mengenal sisi lain dari diri kita sendiri yang akan membuat kita nyaman dengan diri sendiri dan membuat pikiran kita lebih tenang dan damai.

Yoga yang dilakuan dengan rutin dan gerakan yoga yang pelan dapat menahan gerakan otot yang ada didalam tubuh kita semakin terkontrol dan lebih kuat. Bagi kita sebagai pemula melakukan yoga dengan gerakan yang mudah terlebih dahulu dan dilakukan secara rutin.

Jenis olahraga beraneka ragam dan kita bisa mengukur olahraga yang sesuai dengan usia kita. Yoga adalah salah satu alternatif untuk aktivitas yang dapat dilakukan oleh semua usia.

Mudah bagi orang lain belum tentu mudah untuk kita, sulit untuk orang lain belum tentu sulit bagi kita. Yuk ah saatnya kita juga memikirkan kesehatan diri baik fisik maupun mental, kalau bukan diri kita sendiri yang menjaganya siapa lagi?.

ADSN1919

Apriani 1919
Latest posts by Apriani 1919 (see all)

Tentang Penulis: Apriani 1919

Gambar Gravatar
Biarkan penaku menari dengan tarian khasnya, jangan pernah bungkam tarian penaku karena aku akan binasa secara perlahan

Tinggalkan Balasan