Perlukah Verifikasi Sebelum Sertijab?

oleh -247 views

Verifikasi Sebelum Sertijab

Sebelum Sertijab Harus Verifikasi Dulu

Langkah-langkah setelah pelantikan Kepala Sekolah yang mutasi adalah verifikasi sebelum serah terima jabatan dan menduduki tempat yang baru.

www.domainesia.com

Maksud dari verifikasi adalah untuk mengetahui bahwa laporan atau data itu benar adanya serta akurat dan dapat dipertanggungjawabkan, supaya tidak ada kesalahpahaman dari pejabat baru kepada pejabat lama, dalam hal ini sesama Kepala Sekolah, terutama laporan keuangan.

Laporan Administrasi yang harus dipersiapkan saat Verifikasi

Verifikasi merupakan proses kami, khususnya Kepala Sekolah yang akan dimutasi. Setelah pelantikan, kami mendapat informasi untuk menyelesaikan beberapa administrasi, diantaranya laporan keuangan baik BOS APBN maupun BOS APBD. Laporan administrasi lain seperti, Buku Tamu, Surat Keluar Masuk, Disposisi Surat, Agenda Kegiatan Kepala Sekolah, Rencana Kegiatan Kepala Sekolah, Cuti Pegawai, SKP Pegawai, Daftar Hadir/Absen Pegawai, Buku Mutasi Siswa, Data Pegawai, Data Keadaan Siswa, Buku Jaga Kenaikan Pangkat, Buku Jaga KGB, Buku Jaga Pensiun, Perlengkapan dan Buku Arsip.

Langkah-langkah yang harus dipersiapkan sebelum Verifikasi

Bisa kebayang kan? Kalau semua admistrasi itu dikerjakan semua oleh Kepala Sekolah, tidak mungkin sehari selesai. Peran dan kerjasama dengan guru-guru sangat diperlukan. Apalagi pada saat yang bersamaan di sekolah saya sedang diadakan vaksinasi ke dua. Jika tidak ada kerjasama dengan para guru maka akan berantakan semua.

Kepala Sekolah harus bisa mengambil keputusan yang tepat. Setelah ada jadwal verifikasi dan jadwal Vaksinasi yang bersamaan, saya membagi dua tim, yaitu tim pertama, operator, bendahara BOS dan penanggungjawab Aset, yang akan membantu saya untuk kegiatan sekaligus menyiapkan administrasi yang dibutuhkan ketika verifikasi.

Tim kedua adalah guru-guru yang ada di sekolah yang menangani kegiatan Vaksinasi, saya sudah menunjuk ketua Kegiatan, operator yang menginput data siswa, penangungjawab konsumsi serta yang mengamankan para siswa yang mau di vaksinasi, semua sudah diberi tugas.

Rumah Fiksi 1919
Latest posts by Rumah Fiksi 1919 (see all)

Tentang Penulis: Rumah Fiksi 1919

Gambar Gravatar
Biarkan penaku menari dengan tarian khasnya, jangan pernah bungkam tarian penaku karena akan membuatku binasa secara perlahan