Mitigasi Konflik Gajah

oleh -70 views

PENGURANGAN KONFLIK GAJAH

www.domainesia.com

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PENGUSIRAN GAJAH

  1. Kita harus punya jarak yang aman dari gajah, seandainya gajah berlari mengejar  masih dapat menghindar, atau di sekeliling kita telah ada pengaman seperti kanal dan sebagainya.  Karena kecepatan gajah berjalan dan berlari melebihi kecepatan manusia di medan yang sama.
  2. Hati-hati melakukan pengusiran gajah jantan yang sedang must (sedang birahi), karena sering berperilaku mengamuk atau kegilaan atau lebih baik hindari.  Tanda-tanda adanya cairan yang keluar dari kelenjar yang terletak, antara mata dan telinga. Perilaku ini terjadi 3-5 bulan sekali selama 1-4 minggu.
  3. Hati-hati mengusir gajah yang membawa anak kecil, pergerakannya akan lambat dan cendrung agesif karena melindungi anak. Pengusiran yang dilakukan benar-benar pelan-pelan dengan tanpa memaksa mereka cepat pergi.
  4. Pastikan tingkah laku gajah tidak agresif pada saat pengusiran karena kalau agresif sebaiknya pengusiran dihindari.
  5. Jangan melakukan pengusiran dengan melukai gajah, karena gajah-gajah yang terluka cenderung agrasfi, stres, dan menyerang manusia. Gajah yang terluka dan sakit akan mempunyai pergerakan yang lambat, sehingga kelompoknya juga bergerak lambat atau kelompoknya menunggu sampai gajah tersebut sehat.
  6. Pada waktu pengusiran jangan membuat gajah terkejut secara mendadak kecuali kita punya areal lokasi untk mengamankan diri, karena biasanya gajah yang terkejut akan berlari tidak tentu arah dan tidak bisa dipastikan kemana arah berlarinya, sehingga mereka bisa berlari menuju para pengusir dan ini sangat membahayakan.
  7. Keberadaan gajah pada satu tempat biasanya tidak lama, apabila mereka berada lama pada satu tempat, kondisi ini harus di cek betul penyebabnya.  Biasanya ini terjadi apabila salah satu anggota keluarga mereka mengalami sakit.

Syamsuardi PJHS
Latest posts by Syamsuardi PJHS (see all)

No More Posts Available.

No more pages to load.