Shalat Duha Salah Satu Program SDN Sadagori 1 Selama Bulan Puasa

oleh -283 views
Shalat Duha Salah Satu Program SDN Sadagori 1 Selama Bulan Puasa

Bulan Puasa

Umat Islam diseluruh pelosok dunia sedang melaksanakan ibadah puasa, tentu kita senang menyambut bulan suci ini. Begitupun dengan kami, keluarga besar SDN Sadagori 1 tidak mau ketinggalan momen bulan puasa yang datang setahun sekali. Kami antusias menyambut bulan suci ini, karena baru pertamakalinya setelah 2 tahun peserta didik BDR (belajar dari rumah) alias belajar secara online, puasa tahun ini peserta didik dapat belajar di sekolah kembali.

Setelah dua tahun sekolah vakum dari kegiatan tatap muka, tahun ini selain pesantren kilat kami mengadakan beberapa program menyambut bulan suci ini.

www.domainesia.com

Program Selama Bulan Puasa

Beberapa program selama bulan puasa yang telah kami buat dan sedang kami laksanakan adalah:

  1. Sholat Duha
    Jadwal masuk sekolah diedarkan oleh Dinas Pendidikan adalah mulai belajar pukul 08.00. kami sepakat dengan para guru untuk mulai aktifitas anak dari pukul 07.30, kami isi dengan pembiasaan diantaranya Sholat Duha dzikir, sholawat dan membaca Asmaul Husna.

Imam sholat duha bergantian dari peserta didik, untuk melatih mereka percaya diri dan tetap dipantau oleh para guru.

Selama beberapa hari ini saya melihat para peserta didik antusias mengikuti kegiatan yang kami programkan. Terbukti pukul 07.00 peserta didik sudah datang ke sekolah.

Sholat Duha seperti yang kita ketahui adalah sholat sunah yang dilakukan pagi hari sekitar pukul 06.00 sampai menjelang waktu Dzuhur, tapi ingat dengan waktu yang diharamkan shalat Duha yaitu pukul 11.30-12.15 karena memasuki waktu Dzuhur sampai matahari terbenam. Jumlah minimal sholat Duha itu 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat, dilakukan 2 rakaat sekali salam.

Terasa damai ketika saya memasuki sekolah terdengar lantunan ayat suci Al-Qur’an, apalagi melihat para peserta didik berbaris rapi mengikuti sholat Duha.

  1. Berzikir
    Setelah sholat Duha dengan bimbingan Guru Agama Islam, peserta didik berzikir bersama-sama. Rasa haru melihat wajah polos peserta didik setelah dua tahun sekolah terasa sepi dan Alhamdulillah puasa tahun ini kami bisa berdzikir bersama-sama.

Dzikir adalah puji-pujian yang diucapkan berulang-ulang, agar kita selalu mengingat Allah SWT dan semoga bisa melunakkan hati para peserta didik.

Dzikir adalah puji-pujian yang diucapkan berulang-ulang, agar kita selalu mengingat Allah SWT dan semoga bisa melunakkan hati para peserta didik.

Rumah Fiksi 1919
Latest posts by Rumah Fiksi 1919 (see all)

Tentang Penulis: Rumah Fiksi 1919

Gambar Gravatar
Biarkan penaku menari dengan tarian khasnya, jangan pernah bungkam tarian penaku karena akan membuatku binasa secara perlahan