Cara Membuat Sop Buah yang Segar

oleh -57 views
Cara Membuat Sop Buah yang Segar
Cara Membuat Sop Buah yang Segar

Ada banyak aneka buah lokal yang mudah kita dapatkan di sekitar kita (di pasar, warung dll), untuk memenuhi kekurangan air, serta gizi yang di butuhkan oleh tubuh kita selama berpuasa. Biasanya mengonsumsi buah secara langsung ketika selesai berpuasa jarang sekali dilakukan. Dan sudah menjadi tradisi yang berkembang di masyarakat kita, bahwa buah itu pada umumnya dimakan langsung sebagai hidangan penutup.

Dan jika kita ingin menjadikan buah-buahan ini sebagai hidangan pembuka, maka kita perlu mengolah buah-buahan lokal tersebut menjadi hidangan yang mampu menggugah selera. Salah satunya mungkin dengan membuat sop buah ini.

www.domainesia.com

Sop buah biasanya menjadi primadona di bulan ramadan seperti saat ini, Sop buah sering dijadikan sebagai minuman berbuka puasa. Dan minuman yang menyegarkan ini sepertinya sudah tidak terlalu asing lagi bagi orang Indonesia, pasalnya jika kita malas untuk membuatnya sendiri, hampir disetiap sudut kota ada banyak pedagang takjil yang menjual minuman segar ini sebagai hidangan pembuka dari menu berbuka puasa.

Di tengah pandemi covid-19 yang membuat kita harus lebih banyak beraktivitas di dalam rumah. Membuat menu berbuka puasa sepertinya memang menjadi satu-satunya pilihan.  Dan kita bisa membuat sop buah sendiri di rumah, sebab, cara membuat sop buah ini sangat mudah dan bahan-bahannya pun mudah didapatkan. Tapi sebelum membuat sop buah, mari kita simak tips cara membuat sop buah yang dirangkum dari beberapa sumber ini.

Tips cara membuat sop buah sebagai hidangan pembuka menu berbuka puasa

  1. Pastikan buah yang hendak kita gunakan itu adalah buah yang masih segar dan sudah matang
  2. Potong-potong buah dengan ukuran sedang, jangan terlalu besardan pastikan ukuran potongan buah itu pas untuk sekali suap di mulut kita.
  3. Karena buah ini bercitra segar dan mengandung banyak mengandung air, usahakan buah yang sudah di kupas dan di ptong-potong itu untuk sekali konsumsi.
  4. Untuk membuat kuah sop buah ini bisa dari susu kental manis, yoghurt, santan atau sekedar sirup, sesuai dengan selera dan kuah dari sop buah ini sebaiknya dibuat di hari yang sama saat hendak disantap.
  5. Untuk mempercantik tampilan, gunakan aneka buah yang beraneka warna agar lebih menarik dan mengundang selera saat hendak berbuka puasa.

Cara membuat sop buah Sirup dan Susu

Kombinasi Sirup, Susu dan segarnya buah dijamin akan menggugah selera sebagai hidangan pembuka di menu buka puasa. Dan berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Sop buah di rumah:

– Buah semangka warna merah, potong dadu

– Buah Nangka secukupnya sesuai selera, potong dadu

– Buah Nangka secukupnya sesuai selera, potong dadu

– Nata de Coco secukupnya sebagai pelengkap

– Es batu atau es serut sesuai selera

Bahan untuk membuat kuah sop buah

– Susu kental manis sesuai selera.

– Sirup sesuai selera

Cara membuat sop buah

Mula-mula, bersihkan dan cuci buah-buahan lokal tadi dengan air lalu kupas, lalu potong dadu atau sesuai selera, Masukkan Nata de coco dan potongan-potongan buah segar tadi kedalam mangkuk, lalu siram dengan sirup dan tambahkan susu kental manis sesuai selera. Aduk hingga merata dan masukan es batu ke dalam campuran sop buah.  Sop buah sudah bisa dinikmati.

Kandungan Gizi di dalam Sop Buah

Walau hidangan pembuka menu berbuka puasa ini bernama sop, tapi sajian yang memadukan aneka buah ini mempunyai citarasa manis, dingin, dan segar. Sop buah ini selain berkuah, terlihat cerah dan pekat akibat campuran dari susu kental manis dan sirup tapi tetap memenuhi kandungan gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi kita.

Berikut ini adalah kandungan gizi dari Sop buah

Siapa yang tidak kenal dengan buah Semangka? Buah ini diketahui mengandung gizi dan kadar air yang tinggi, namun buah Semangka juga rendah kalori, buah Semangka merupakan makanan ataupun minuman yang sangat menyegarkan dan bermanfaat bagi kesehatan manusia. Beberapa manfaat dari buah Semangka ini bagi kesehatan manusia antara lain adalah mampu mengendalikan tekanan darah, mencegah dehidrasi, mengatasi peradangan dan mampu mengurangi nyeri pada otot.

Buah Nangka yang sudah matang memiliki rasa manis alami sehingga buah ini sering digunakan sebagai bahan makanan dan minuman seperti kue, es krim, sop buah dan bahkan bisa juga diolah menjadi makanan ringan seperti keripik. Buah Nangka yang masih muda sering digunakan sebagai bahan masakan, seperti untuk membuat sayur, terkadang sering dijadikan bahan untuk membuat gulai atau kari.

Dikutip dari alodokter.com, Buah Pepaya diketahui mengandung banyak sekali nutrisi, bahkan buah Pepaya ini diketahui sangat kaya akan vitamin C. Di dalam buah Pepaya setidaknya ada 235 mg vitamin C. Bahkan jumlah tersebut 2-3 kali lebih banyak dari rekomendasi yang di sarankan di dalam asupan vitamin C harian yang disarankan. Beberapa manfaat buah Pepaya Bagi Kesehatan antara lain, mampu menyehatkan mata. menyehatkan rambut dan kuku. Mampu menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari. Mampu melancarkan pencernaan. Menyehatkan jantung, serta mampu mengurangi risiko kanker. Selain itu nutrisi yang terkandung didalam buah pepaya ini mampu membuat kulit tetap sehat dan membuatnya tetap muda. Buah papaya selain di percaya dapat menekan jumlah trombosit dari beberap penelitian juga mampu membuat tubuh kita lebih kuat dari serangan pilek dan flu.

Nah! Itu adalah cara membuat sop buah sebagai hidangan pembuka pada menu berbuka puasa kita di musim pandemi ini tanpa harus keluar rumah untuk membeli menu berbuka puasa. Selamat mencoba dan tetaplah di rumah.

Gambar Gravatar
Latest posts by Lela 1919 (see all)

Tentang Penulis: Lela 1919

Gambar Gravatar
Rumahlaila.com adalah situs toko online di bidang perdagangan dan distribusi makanan dan minuman.