Bimtek manajerial/supervisi  PKB

oleh -73 views
Bimtek manajerial/supervisi PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) KS
Bimtek manajerial/supervisi PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) KS Jenjang PAUD, SD, dan SMP di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Cirebon

Bimtek manajerial/supervisi  PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) KS Jenjang PAUD, SD, dan SMP di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Cirebon

Pada hari Kamis dan Jumat, beberapa Kepala  Sekolah di Kota Cirebon berkesempatan untuk mengikuti bimtek, dengan Pemateri pak Akhyar dari BBGP (Balai Besar Guru Penggerak), bertempat di hotel Zamrud.

www.domainesia.com

Dilaksanakan bimtek ini untuk mengingatkan  kembali para Kepala Sekolah tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang sangat bermanfaat bagi Kepala Sekolah sendiri maupun para guru.

Kepala sekolah harus mendukung kegiatan PKB yang dilakukan oleh guru, baik secara kelompok maupun individu.

Saya hanya merangkum kegiatan yang saya laksanakan selama dua hari dan tentunya ada tiga tugas yang harus kami selesaikan.

PKB  adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan  kemampuan guru baik pedagogik maupun ke profesional dalam melaksanakan tugasnya yaitu memimpin peserta didik. 

Tujuan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

1. Memfasilitasi guru untuk terus memutakhirkan kompetensi yang menjadi tuntutan ke depan berkaitan dengan profesinya.

2. Memotivasi guru agar memiliki komitmen melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga profesional.

3. Mengangkat citra, harkat, martabat profesi guru, rasa hormat dan bangga kepada penyandang profesi guru.

Tahun 1960-an guru masih pandang sebelah mata, tidak ada yang mau menjadi guru, bahkan profesi guru sebagai bahan untuk menakuti anak gadis yang tidak nurut pada orangtuanya akan dinikahkan dengan guru. Disini terlihat profesi guru tidak dianggap keberadaannya karena kehidupannya sangat sulit.

Berbeda dengan saat ini, setelah ada sertifikasi,  profesi guru laris manis, banyak universitas yang membuka jurusan keguruan, peminatnya membludak.

Bersyukurlah guru-guru muda yang sudah diangkat menjadi ASN atau P3K karena tidak mengalami masa sulit yang dialami para pahlawan tanpa tanda jasa pada jaman dulu.  Tugas guru itu tidak mudah karena harus mendidik generasi muda jangan salah mengajar lada mereka.

Guru jangan lelah untuk terus belajar dan menambah keilmuannya, baik di internet maupun antar teman dan kegiatan Kelompok Kerja Guru. Begitupun dengan Kepala Sekolah jangan kalah dengan para guru.

Guru perlu dilindungi karena ada beberapa guru yang bermasalah dengan orang tua siswa.

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

1. Berdasarkan Permenpan dan reformasi birokrasi nomor 16 tahun 2009, pengembangan keprofesian berkelanjutan adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bergradasi dan berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya.

2. Pengembangan keprofesian berkelanjutan merupakan salah satu dari unsur utama yang kegiatannya dapat diberikan angka kredit.

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

PKB merupakan pembaharuan secara sadar akan pengetahuan dan peningkatan kompetensi guru sepanjang kehidupan kerjanya.  Dan PKB dilakukan secara terus menerus. PKB berkaitan dengan pengembangan diri dalam rangka peningkatan kinerja dan karir guru.

Yang dipertimbangkan dalam pelaksanaan PKB

1. Analisis kebutuhan Guru dilakukan di sekolah oleh guru.

2. Kegiatan dilaksanakan oleh guru, sekolah, kKG/MGMP, BBGP atau pihak lain.

3. Pembina Guru harus menggali sebanyak-banyaknya informasi kebutuhan PKB.

4. Kegiatan PKB melibatkan guru secara aktif

5. Mengingat jumlah guru, keterbatasan dana dan fasilitas, keadaan geografis, sedapat mungkin ok diadakan di sekitar sekolah.

Macam dan jenis PKB

1. Pengembangan diri

2. Publikasi ilmiah

3. Karya inovatif

Itulah sedikit hasil bimtek di hari pertama yang saya ikuti, dan saya bersyukur diberikan kesempatan untuk mengikuti bimtek ini, karena mengingatkan memori saya tentang PKB. Salam.

Adsn1919

Rumah Fiksi 1919
Latest posts by Rumah Fiksi 1919 (see all)

Tentang Penulis: Rumah Fiksi 1919

Gambar Gravatar
Biarkan penaku menari dengan tarian khasnya, jangan pernah bungkam tarian penaku karena akan membuatku binasa secara perlahan

Response (1)

Tinggalkan Balasan